Persija Jakarta akan menghadapi laga sulit di partai pembuka Indonesia Soccer Championship (ISC) saat bertandang ke markas Persipura Jayapura, 29 April 2016. Berbagai cara dipersiapkan untuk bawa pulang hasil positif dari Papua.
Persipura jelas bukan lawan mudah buat Persija. Terakhir kali, "Macan Kemayoran" bisa menang di Stadion Mandala pada 2012 silam lewat gol tunggal Rahmat Affandi.
Pelatih Persija, Paulo Camargo, pun mempersiapkan skuatnya sebaik mungkin jelang melawat ke Jayapura. Setelah lakoni tur Jawa Timur, pelatih asal Brasil itu pun cukup puas dengan perkembangan anak asuhnya.
"Sejauh ini, pemain berkembang dengan baik. Pemain muda, dan senior menunjukkan permainan meningkat tiap pertandingan," ujar Camargo seperti dilansir dari situs resmi Persija.
"Melawan Persipura, tim sudah siap. Setelah dua uji coba di Malang kemarin, kami sudah tahu karakter permainan. Akan ada sebuah strategi khusus dan saya harap Persija mampu mencuri kemenangan di Jayapura," tambahnya.
Salah satu strategi khusus yang disiapkan Persija adalah menyiapkan opsi formasi di lapangan. Hal ini sudah coba dioptimalkan ketika hadapi Villa 2000 dalam ujicoba hari Jumat kemarin.
"Benar, saya mencoba beberapa formasi. Bila di Malang, kami pakem pada 4-4-2, hari ini kami coba 4-2-1-3. Bukan masalah hasil, yang penting adalah bagaimana tim bereaksi," tutur Camargo.
"Saya tahu, pemain sudah bekerja keras. mereka juga melakukan yang terbaik. Namun, saya pikir pemain butuh waktu adaptasi di setiap perubahan formasi," imbuh dia.