Manchester City menggasak Stoke City empat gol tanpa balas, alias 4-0. Dua gol dibuat City di babak pertama, disusul sepasang gol lain di babak kedua.
Dalam pertandingan di Stadion Etihad, Sabtu (23/4/2016) malam WIB, City membuka kemenangan lewat gol dari Fernando di menit ke-35. Sebelum turun minum, The Citizens mendapat penalti yang dimaksimalkan Sergio Aguero menjadi gol.
Memasuki babak kedua, Stoke sempat berusaha langsung menekan. Tapi justru gawang The Potters yang lantas digetarkan Kelechi Iheanacho di menit ke-64. Sepuluh menit setelah itu pemain City tersebut mencetak gol keduanya di laga ini. Sejak 14 Februari baru kali ini lagi Iheanacho bikin gol--di tahun 2016 pemain Nigeria berusia 19 tahun itu sudah mencetak total tujuh gol, termasuk hat-trick atas Aston Villa di ajang Piala FA pada bulan Januari lalu.
Dengan hasil tersebut maka City kini mengoleksi 64 poin dari 35 laga untuk naik ke peringkat tiga klasemen sementara Premier League, menggeser Arsenal yang punya 63 poin dari 34 laga, sekaligus kembali ke jalur kemenangan setelah pada tengah pekan menuai hasil seri 1-1 lawan Newcastle United.
Kemenangan juga bakal menambah semangat pasukan Manuel Pellegrini tersebut untuk menghadapi Real Madrid di partai leg I semifinal Liga Champions pada pertengahan pekan mendatang.
Di kubu berlawanan, hasil tersebut memperpanjang rentetan tanpa kemenangan Stoke di Premier League menjadi empat laga, dengan tiga di antaranya secara berturut-turut. Tim besutan Mark Hughes itu kini menempati posisi sembilan dengan 47 poin.
Jalannya Pertandingan
Peluang bagus pertama lahir di menit ke-7. Sergio Aguero dipepet dua pemain lawan di sayap kanan tapi masih bisa lewat. Bola lalu diopernya ke Kelechi Iheanacho di depan tepi kotak penalti. Tapi arah bola sepakan Iheanacho masih sedikit melebar dari target.
Stoke mendapat tendangan bebas di sisi kanan pada menit ke-15. Glenn Whelan menendang bola dan melayangkannya tepat ke arah gawang, memaksa Joe Hart untuk menepisnya. Setelah itu dua sepak pojok Stoke tidak membuahkan hasil yang mereka inginkan.
City gantian mendapat tendangan bebas di menit ke-18. Jesus Navas mengambil untuk menendang bola ke muka gawang. Si kulit bundar lantas memantul ke Nicolas Otamendi, yang tampak kurang sigap meneruskan, untuk kemudian diamankan kiper Shay Given.
Serangan dilancarkan City di menit ke-22 dan bola berpindah dari Iheanacho dan Yaya Toure, sampai akhirnya bergulir liar untuk disepak Aleksandar Kolarov. Bola membentur pemain lawan sehingga arahnya pun melebar dari bidang sasaran.
Giliran Stoke coba menekan tujuh menit kemudian. Marko Arnautovic menahan bola dengan baik di sayap kanan sebelum melambungkannya ke tengah ke arah Giannelli Imbula. Nama terakhir melepaskan tembakan spekulasi kendati bola masih sedikit melambung di atas mistar.
Sejenak kemudian Arnautovic beraksi lagi dengan rancangan serangan lain. Kali ini dari sisi kiri ia melayangkan bola ke muka gawang untuk disambut Joselu dengan sundulan. Lagi-lagi arah bola masih belum tepat sasaran.
Gol akhirnya lahir di menit ke-35. Berawal dari sepak pojok yang diambil oleh Navas, bola mengarah ke tiang dekat untuk kemudian disambar Fernando dengan kepalanya. City memimpin 1-0.
Wasit menunjuk titik putih setelah Ryan Shawcross menjatuhkan Iheanacho di kotak terlarang. Aguero maju untuk mengeksekusi dan mengirim bola tanpa bisa dihalau Given di menit ke-43. City pun menambah keunggulan.
Di menit awal babak kedua Stoke langsung mendapat tendangan bebas di posisi menjanjikan setelah Bardsley dijatuhkan Yaya Toure. Bardsley mengambil tendangan bebas itu tapi bola masih meluncur jauh dari bidang sasaran.
Sejenak kemudian Arnautovic dengan sigap berhasil mengejar bola di sayap kiri lalu mengopernya ke depan gawang. Joselu yang dituju, tapi sontekannya masih membuat si kulit bundar sedikit melenceng dari target.
Jakob Haugaard, kiper Stoke di babak kedua, diuji ketangguhannya lewat sepakan keras Iheanacho di menit ke-51. Haugaard merespons dengan meninju bola ke atas mistar gawangnya.
Di menit ke-54 Stoke mendapat sepak pojok yang diambil Whelan. Bola diarahkan ke tiang dekat untuk ditanduk Mame Diouf, meskipun arah bola masih sedikit melebar.
Empat menit berselang Arnautovic menguasai bola di sisi kiri, merangsek ke tengah dengan dibayangi satu bek lawan, lalu melepaskan tembakan keras ke arah gawang. Usahanya dimentahkan hadangan Joe Hart.
Keunggulan City bertambah di menit ke-64. Dari serangan cepat, Pablo Zabaleta menyisir area kanan sebelum melepaskan umpan matang ke arah Iheanacho yang tak terkawal di depan gawang. Dengan dingin Iheanacho menuntaskan peluang itu untuk bikin City unggul 3-0.
Sepuluh menit berselang, Iheanacho kembali menjebol gawang Stoke. Wilfried Bony, yang masuk menggantikan Aguero, menerima bola di titik tengah dan langsung menyodorkannya ke Iheanacho. Setelah berlari dan mengecoh kiper, Iheanacho dengan jitu bikin gol keduanya.
Tidak ada lagi gol tambahan selepas itu. City menang empat gol tanpa balas atas Stoke.
Susunan Pemain
Man City: Hart, Zabaleta, Kolarov, Mangala, Otamendi, Toure, Fernando (Demichelis 72'), Navas, Silva (Delph 57'), Iheanacho, Aguero (Bony 65').
Stoke City: Given (Haugaard 46'), Wollscheid, Shawcross, Muniesa, Cameron, Whelan, Imbula, Bardsley, Diouf, Joselu, Arnautovic (Adam 75').