Atletico Madrid punya catatan bagus atas Athletic Bilbao. Menang berarti melanjutkan dominasi itu, plus memperbesar kans meraih gelar juara.
Atletico kini mengoleksi nilai sama dengan Barcelona, yakni 76. Dengan lima laga menuju akhir musim, kans
Los Colchoneros untuk menjuarai La Liga musim ini sama besar dengan kans Barca.
Selain Barca, Atletico juga bersaing dengan rival sekota mereka, Real Madrid, yang duduk di posisi ketiga dengan nilai 75. Seraya mengharapkan Barca tersandung, Atletico juga harus waspada pada kejaran Los Blancos.
Kamis (21/4/2016) dini hari WIB, Atletico akan bermain di kandang Athletic. Tiga poin, jelas, jadi kewajiban untuk tim besutan Diego Simeone itu. Sementara mereka bertanding melawan Athletic, Barca akan bertanding melawan Deportivo La Coruna di Riazor, sedangkan Madrid berlaga melawan Villarreal di Santiago Bernabeu.
Melihat catatan dalam beberapa laga terakhir di La Liga, Atletico terbilang dominan atas Athletic. Dalam lima pertemuan terakhir di La Liga, Atletico meraih empat kemenangan atas Athletic dan meraih satu hasil imbang.
Sudah lama Athletic tidak menang atas Atletico. Kemenangan terakhir tim asal Basque itu atas Atletico didapat pada musim 2012/2013, di mana mereka menang 3-0 di San Mames.
Pelatih Atletico, Diego Simeone, mengingatkan timnya untuk tetap menjaga fokus. Kendati terpelesetnya rival bakal menguntungkan mereka, Simeone tidak mau bergantung pada hasil pertandingan lain.
"Kami mengontrol takdir kami sendiri," ujar Simeone seperti dilansir ESPNFC .
"Semua ini tidak mengubah apa pun yang kami lakukan atau membuat kami lupa akan realitas. Kami sendiri baru saja mencapai tujuan utama kami musim ini, yakni untuk kembali bermain di Liga Champions musim depan," lanjut pelatih asal Argentina tersebut.
Lima Pertemuan Terakhir Atletico dan Athletic di La Liga
2013/2014
Atletico vs Athletic: 2-0
Athletic vs Atletico: 1-2
2014/2015
Athletic vs Atletico: 1-4
Atletico vs Athletic: 0-0
2015/2016
Atletico vs Athletic: 2-1